SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X (SEPULUH)/II
STANDAR KOMPETENSI : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
ALOKASI WAKTU : 8 45 menit
Kompetensi dasar | Kompetensi sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1 Mendeskripsikan peran komponan ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiata manusia dngan masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan 4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah 4.4 Membuat produk daur ulang limbah | · Mendeskripsikan struktur keilmuan Biologi · Menemukan contoh komponen biotik dan abiotik · Menemukan contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di lingkungan sekitar · Menemukan ekosistem dan batas-batasnya · Menemukan adanya interaksi dalam ekosistem · Menyimpulkan tipe interaksi berdasarkan gejala yang teramati · Menyususn rantai makanan menjadi jaring-jaring makanan dan piramida ekologi · Menggambarkan siklus materi dan arus energi · Menggambar daur biogeokimia unsur tertentu · Mengidentifikasi tujuan berbagai aktivitas manusia · Mengidentifikasi dampak berbagai aktivitas manusia · Meneliti pengaruh zat pencemar terhadap organisme · Mengidentifikasi dampak berbagai zat pencemar terhadap lingkungan | · Pengertian ekologi sebagai ilmu · Ekosistem dan komponen penyusunnya · Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fugsinya · Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem · Berbagai interaksi dalam ekosistem · Rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida ekologi · Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem · Daur biogeokimia · Keseimbangan lingkungan · Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan · Beberapa bahan pencemar dan dampaknya · Upaya pencegahan pencemaran lingkungan · Penanganan limbah dengan cara daur ulang · Berbagai produk daur ulang limbah | · Diskusi ruang lingkup ekologi sebagai ilmu · Mengamati komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya · Mengamati interaksi yang terjadi dalam ekosistem · Menggambar dan mendeskripsikan rantai makanan, jaring-jaring makanan , dan piramida ekologi · Mendeskripsikan perjalanan energi, materi, dalam ekosistem, serta daur biogeokimia · Dikusi pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan · Diskusi tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya · Melakukan eksperimen tentang pencemaran · Diskusi penanganan limbah dengan cara daur ulang · Membuat produk dari bahan limbah | · Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu · Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik · Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem · Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi · Menggambar bagan daur biogeokimia · Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia · Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia · Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu · Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme · Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan · Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan · Mengetahui penanganan limbah dengan cara dau ulang | Jenis tagihan 1. Laporan hasil pengamatan komponen ekosistem 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen penilaian 1. Lembar penilaian hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1. Laporan hasil eksperimen 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen Penilaian: 1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis | 4 45 menit 4 45 menit | · Buku kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono. P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyaharyuliana · Ekosistem yang ada di sekitar sekolah · Buku kerja Biologi IB, Igm, Kristiyono. P.S, Esis · Buku teks biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB XI · Beberapa aktivitas manusia |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar