Minggu, 30 Maret 2008

silabus biologi sma kelas XI dan XII

SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

MATA PELAJARAN : BIOLOGI

KELAS / SEMESTER : XII (Dua Belas) / II

ALOKASI WAKTU : 8 × 45 menit

STANDAR KOMPETENSI : Memahami prinsip-prinsip dasar berteknologi serta implikasinya pada salingtemas


Kompetensi Dasar

Kompetensi Sebagai Hasil Belajar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

5.1 Menjelaskan arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi


5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada salingtemas

· Mengumpulkan berbagai informasi produk dan proses bioteknologi tradisional

· Menjelaskan proses rekayasa genetika dalam bioteknologi

· Mengumpulkan berbagai metode bioteknologi modern dan produknya

· Menganalisis berbagai produk bioteknologi dan dampaknya

· Pengertian bioteknologi

· Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern

· Rekayasa genetika

· Tanaman transgenik dan dampaknya

· Diskusi pengertian bioteknologi tradisional dan modern

· Diskusi penerapan rekayasa genetika pada bioteknologi

· Melakukan kegiatan membuat yogurt dan ekstroksi DNA

· Diskusi Salingtemas

· Membuat kliping

· Menjelaskan pengertian bioteknologi

· Membedakan bioteknologi tradisional dan modern

· Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya

· Membuat produk bioteknologi tradisional

· Mengekstraksi DNA

· Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya

· Membuat imajinasi tentang rekayasa genetika

· Jenis tagihan:

1. Laporan hasil kegiatan

2. Uji Kompetensi

· Bentuk instrumen:

1. Lembar penilaian laporan

2. Soal uji kompetensi tertulis

· Jenis tagihan

1.Tugas fiksi ilmiah

2.Laporan diskusi salingtemas

· Bentuk instrumen:

1. Lembar penilaian makalah

6 X 45 menit

2 X 45 menit

· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis

· Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis

· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis

· Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis



Kompetensi dasar

Kompetensi sebagai Hasil Belajar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

4.1 Mendeskripsikan peran komponan ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan


4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiata manusia dngan masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan


4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah


4.4 Membuat produk daur ulang limbah

· Mendeskripsikan struktur keilmuan Biologi

· Menemukan contoh komponen biotik dan abiotik

· Menemukan contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di lingkungan sekitar

· Menemukan ekosistem dan batas-batasnya

· Menemukan adanya interaksi dalam ekosistem

· Menyimpulkan tipe interaksi berdasarkan gejala yang teramati

· Menyususn rantai makanan menjadi jaring-jaring makanan dan piramida ekologi

· Menggambarkan siklus materi dan arus energi

· Menggambar daur biogeokimia unsur tertentu

· Mengidentifikasi tujuan berbagai aktivitas manusia

· Mengidentifikasi dampak berbagai aktivitas manusia

· Meneliti pengaruh zat pencemar terhadap organisme

· Mengidentifikasi dampak berbagai zat pencemar terhadap lingkungan

· Pengertian ekologi sebagai ilmu

· Ekosistem dan komponen penyusunnya

· Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fugsinya

· Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem

· Berbagai interaksi dalam ekosistem

· Rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida ekologi

· Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem

· Daur biogeokimia

· Keseimbangan lingkungan

· Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan

· Beberapa bahan pencemar dan dampaknya

· Upaya pencegahan pencemaran lingkungan

· Penanganan limbah dengan cara daur ulang

· Berbagai produk daur ulang limbah

· Diskusi ruang lingkup ekologi sebagai ilmu

· Mengamati komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya

· Mengamati interaksi yang terjadi dalam ekosistem

· Menggambar dan mendeskripsikan rantai makanan, jaring-jaring makanan , dan piramida ekologi

· Mendeskripsikan perjalanan energi, materi, dalam ekosistem, serta daur biogeokimia

· Dikusi pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan

· Diskusi tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya

· Melakukan eksperimen tentang pencemaran

· Diskusi penanganan limbah dengan cara daur ulang

· Membuat produk dari bahan limbah

· Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu

· Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik

· Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem

· Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi

· Menggambar bagan daur biogeokimia

· Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia

· Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia

· Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu

· Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme

· Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan

· Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan

· Mengetahui penanganan limbah dengan cara dau ulang

Jenis tagihan

1. Laporan hasil pengamatan komponen ekosistem

2. Uji kompetensi tertulis

· Instrumen penilaian

1. Lembar penilaian hasil praktikum

2. Soal uji kompetensi tertulis

· Jenis tagihan:

1. Laporan hasil eksperimen

2. Uji kompetensi tertulis

· Instrumen Penilaian:

1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum

2. Soal uji kompetensi tertulis

4 45 menit

4 45 menit

· Buku kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono. P.S, Esis

· Buku Biologi X, Dyaharyuliana

· Ekosistem yang ada di sekitar sekolah

· Buku kerja Biologi IB, Igm, Kristiyono. P.S, Esis

· Buku teks biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB XI

· Beberapa aktivitas manusia




Tidak ada komentar: