Selasa, 18 Maret 2008

silabus biologi sma kelas x semester 1

S I L A B U S

Nama sekolah : SMA

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Program : X

Semester : 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)

Sumber/

Bahan/Alat

1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi

Ruang lingkup Biologi

· Biologi sebagai ilmu dan kedudukannya

· Melakukan pengamatan lapangan menemukan ruang lingkup*) yang berkaitan dengan ilmu Biologi.

· Menganalisis kedudukan ilmu Biologi dengan ilmu lain dalam pengembangan IPTEK menggunakan diagram/charta keilmuan melalui diskusi.

*) Dapat dibelajarkan kekhasan spesies, ekosistem dari masing-masing daerah/wilayah.

· Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.

· Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.

· Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi.

Jenis tagihan:

Tugas individu, ulangan harian.

Bentuk instrumen:

Produk, pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, lingkungan sekolah, perpustakaan, internet.

Alat:

OHP/Komputer,LCD, VCD/CD player.

Bahan:

LKS, Bahan Presentasi,

gambar-gambar/CD/ VCD objek biologi, charta/diagram keilmuan.

1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)

Objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan

· Objek Biologi.

· Masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan

· Metoda ilmiah

· Menganalisis apa saja yang menjadi objek biologi *) menggunakan berbagai gambar/ charta/VCD/CD/buku referensi yang sesuai mulai dari molekul sampai bioma melalui kerja kelompok.

· Menemukan permasalahan biologi melalui pengamatan kondisi lingkungan *) dan mengusulkan alternatif pemecahan masalahnya dengan rencana penelitian sederhana melalui kerja kelompok.

· Menyaksikan VCD/CD/foto-foto/gambar-gambar tentang kerja seorang ahli biologi memecahkan masalah keilmuan

· Diskusi kelas menemukan sistematika metoda ilmiah, bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli/contoh pemecahan masalah.

*) Dapat dibelajarkan kekhasan spesies, ekosistem masing-masing daerah/wilayah.

· Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu.

· Memberikan contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma.

· Memberikan contoh masalah dan alternatif pemecahan masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.

· Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah.

· Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah.

· Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.

Jenis Tagihan:

Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian.

Jenis Tagihan:

Tugas Individu, Ulangan harian, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian.

2 X 45’

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, lingkungan sekitar.

Alat:

OHP/Komputer,LCD, VCD/CD player.

Bahan:

LKS, Bahan presentasi, Berbagai gambar tingkat organisasi kehidupan, CD/VCD objek biologi.

Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)

Sumber/

Bahan/Alat

2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan

Virus

· Ciri-ciri virus

· Mengidentifikasi ciri-ciri virus berdasarkan referensi gambar/ charta/foto dari buku-buku literatur melalui tugas individu.

· Menganalisis struktur tubuh virus membandingkannya dengan makhluk hidup lain yang seluler prokariotik, seluler eukariotik dan yang multiselluler menggunakan gambar/foto melalui diskusi kelas.

· Membuat gambar struktur tubuh virus dan model virus tiga dimensi melalui kerja kelompok.

· Mengidentifikasi ciri-ciri virus.

· Membedakan struktur virus dengan makhluk lainnya.

· Menggambarkan struktur tubuh virus.

· Membuat model virus tiga dimensi (3D).

Jenis Tagihan:

Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk instrumen::

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/Komputer, LCD.

Bahan:

LKS, Bahan Presentasi, gambar/ charta/ foto berbagai macam virus dan berbagai makhluk hidup, manik-manik/ bola pingpong/kayu dsb., lem

· Replikasi virus.

· Peranan virus dalam kehidupan.

· Melakukan kajian literatur menemukan cara virus hidup dan melakukan replikasi pada sel/ jaringan hidup melalui tugas individu.

· Menyimpulkan cara replikasi virus dari hasil kajian literatur melalui kegiatan diskusi.

· Mencari informasi tentang peran virus yang menguntungkan ataupun merugikan bagi kehidupan dari berbagai sumber media/buku melalui penugasan individu terstruktur.

· Mengidentifikasi cara-cara menghindari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Hepatitis, Flu burung dll., melalui studi literatur atau kegiatan observasi lapangan ke Puskesmas/klinik terdekat melalui penugasan individu terstruktur.

· Menjelaskan cara hidup virus.

· Menjelaskan cara replikasi virus.

· Membuat charta replikasi virus.

· Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan.

· Menjelaskan peran virus yang menguntungkan dan merugikan.

· Mengkomunikasikan cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Flu burung dll.

Jenis Tagihan:

Tugas individu, ulangan harian, ulangan semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, puskesmas/ klinik/ petugas kesehatan terdekat.

Alat:

OHP/Komputer, LCD.

Bahan:

LKS, Bahan Presentasi, gambar/ charta/ foto : replikasi virus, akibat serangan virus pada tumbuhan, hewan, dan manusia.

2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeo bacteria dan Eubacteria dan peranannya dalam kehidupan

Archaebacteria dan Eubacteria.

· Ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria.

· Perkembangbiakan Archebacteria dan Eubacteria.

· Mengisolasi bakteri dari lingkungan (air, udara, tanah), mengamati koloni bakteri melalui kerja praktik kelompok.

· Melakukan studi litertatur menemukan ciri-ciri koloni, struktur tubuh bakteri, dan berbagai jenis bakteri berdasarkan bentuknya secara individu

· Melakukan kajian literatur menemukan cara bakteri berkembangbiak melalui kerja mandiri.

· Menjelaskan ciri-ciri archebacteria dan eubacteria

· Membedakan ciri-ciri archebacteria dan eubacteria.

· Menjelaskan cara mengisolasi bakteri.

· Menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri.

· Membuat charta perkembangbiakan bakteri.

Jenis Tagihan:

Tugas kelompok, Tugas indiviidu, unjuk kerja, Ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk instrumen::

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, lingkungan sekitar sekolah.

Alat:

Autoklap, panci, kompor, kaca pireks, mikroskop, kaca objek, kaca penutup, pembakar spiritus,

OHP/Komputer/ LCD.

Bahan:

LKS, Bahan Presentasi, Bubuk agar-agar, air kaldu, Gambar/ film bakteri, gambar-gambar makhluk hidup lain, sediaan mikroskopis bakteri.

· Peranan Archebacteria dan Eubacteria dalam kehidupan.

· Melalui diskusi kelas mengidentifikasi dari berbagai sumber literatur menemukan peranan berbagai bakteri dalam kehidupan.

· Membuat nata de coco, yoghurt, dll melalui praktik kerja kelompok. *)

*) Dapat dibelajarkan pembuatan produk makanan yang sesuai dengan kondisi khas daerah/wilayah masing-masing.

· Menjelaskan berbagai peranan bakteri yang menguntungkan/merugikan dalam kehidupan

· Membuat nata de coco, yoghurt, dll.

Jenis Tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian , u;angan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen::

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

Panci, kompor, loyang plastik, botol, pembakar spiritus,

OHP/Komputer, LCD.

Bahan:

LKS, Bahan Presentasi, Starter nata de coco, yoghurt, Gambar/ ffoto proses pembuatan nata decoco, yoghurt dll.

2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.

Protista

· Ciri-ciri umum Protista.

- Ciri-ciri Protista mirip jamur

· Melakukan kajian literatur menemukan ciri-ciri umum protista dan berbagai golongan nya (mirip jamur, mirip alga, mirip hewan) melalui kerja kelompok.

· Melakukan pengamatan mikroskopis air kolam, air rendaman jerami dll., menemukan karakteristik protista lainnya melalui kerja kelompok.

· Membandingkan hasil pengamatan dengan gambar/charta/foto/film berbagai jenis organisme golongan Protista melalui diskusi kelas.

· Mendeskripsikan ciri-ciri umum Protista

· Membedakan organisme Protista mirip jamur,, mirip tumbuhan, dan mirip hewan berdasarkan pengamatan.

· Menjelaskan dasar pengelompokkan organisme protista mirip jamur, mirip tumbuhan dan mirip hewan.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian.

3X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/Komputer, LCD, Mikroskop, gelas kimia, pipet, kaca objek, kaca penutup.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, air kolam, air rendaman jerami, gambar/charta/ foto/film protista dan organisme lain.

- Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga).

- Ciri-ciri umum Protista mirip hewan (Protozoa)

· Melakukan kajian literatur cara-cara perkembangbiakan Protista melalui tugas terstrkuktur kelompok.

· Membuat charta berbagai cara perkembangbiakan dan daur organisme golongan Protista melalui tugas terstrkuktur kelompok.

· Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan Protista.

· Membuat Charta cara-cara perkembangbiakan dan daur organisme Protista.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, ulangan harian.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian.

3X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/Komputer, LCD, Mikroskop, gelas kimia, pipet, kaca objek, kaca penutup.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, air kolam, air rendaman jerami, gambar/charta/ foto/film protista dan organisme lain.

· Peranan protista dalam kehidupan.

· Menggali informasi dari berbagai sumber literatur/media peranan protista bagi kehidupan melalui tugas mandiri tidak berstruktur individu.

· Memberi contoh peranan protista bagi kehidupan.

· Mengidentifikasi protista yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia.

Jenis tagihan:

Tugas mandiri, ulangan.

Bentuk instrumen:

Produk (laporan kajian litertatur) tes pilihan ganda dan tes uraian.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, koran/majalah

Alat:

-

Bahan:

LKS.

2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur ber-dasarkan hasil peng-amatan, percobaan, dan kajian literatur serta pera-nannya bagi kehidupan

Jamur (Fungi)

· Ciri-ciri jamur.

· Pengelompokan jamur

· Reproduksi jamur

· Melakukan pengamatan jamur mikroskopis dan makroskopis melalui kerja kelompok, mengidentifikasi ciri-ciri dan strkturnya.

· Mengidentifikasi dasar-dasar pengelompokkan berbagai jenis jamur melalui tugas individu berstruktur.

· Melakukan kajian dari buku literatur tentang cara-cara reproduksi jamur dari berbagai golongan melalui kerja kelompok.

· Membuat charta daur hidup jamur dari berbagai golongan melalui kerja kelompok.

· Menganalisis perbedaan spora vegetatif dan generatif dari berbagai golongan melalui kerja kelompok.

· Menjelaskan ciri-ciri umum Divisio dalam Kingdom Fungi.

· Menjelaskan dasar pengelompokkan Fungi.

· Menggambarkan struktur tubuh jamur dari berbagai golongan.

· Membedakan berbagai golongan jamur berdasarkan ciri-ciri morfolginya.

· Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan yang ditemukan pada berbagai golongan jamur.

· Membedakan spora vegetatif dan generatif berbagai golongan jamur.

· Membuat charta siklus hidup jamur dari berbagai golongan.

Jenis tagihan:

Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan.

Bentuk tagihan:

Produk (laporan hasil pengamatan, hasil identifikasi struktur tubuh jamur dari berbagai golongan), pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk tagihan:

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian.

2 X 45’

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan..

Alat:

Mikroskop, kaca objek, kaca penutup, pipet, gelas kimia, Panci, dandang, OHP/ komputer/LCD.

Bahan:

LKS, Bahan Presentasi, jamur mikroskopis dan jamur makroskopis.

Sumber:

Buku acuan yang relevan..

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, Bahan Presentasi, charta daur hidup jamur.

· Peranan jamur dalam kehidupan

· Menggali informasi dari berbagai sumber literatur/media peranan jamur bagi kehidupan melalui tugas mandiri tidak berstruktur secara kelompok.

· Melakukan percobaan fermentasi makanan dengan jamur, seperti tape ketan, tape singkong, tempe dengan kerja kelompok, dll.*)

*) Dapat dibelajarkan pembuatan makanan fermentasi dari jamur yang khas sesuai dengan daerah/wilayah masing-masing.

· Menunjukkan contoh jenis-jenis jamur di lingkungan sekitarnya.

· Menjelaskan contoh peran jamur bagi kehidupan.

· Membuat makanan dari hasil fermentasi jamur.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan akhir semester.

Bentuk tagihan:

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD, panci, kompor, tampah.

Bahan:

LKS, Bahan Presentasi, jamur tempe, ragi dll., kedelai, nasi ketan, singkong.

Tidak ada komentar: