S I L A B U S
Nama sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Program : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi | Ruang lingkup Biologi · Biologi sebagai ilmu dan kedudukannya | · Melakukan pengamatan lapangan menemukan ruang lingkup*) yang berkaitan dengan ilmu Biologi. · Menganalisis kedudukan ilmu Biologi dengan ilmu lain dalam pengembangan IPTEK menggunakan diagram/charta keilmuan melalui diskusi. *) Dapat dibelajarkan kekhasan spesies, ekosistem dari masing-masing daerah/wilayah. | · Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi. · Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain. · Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi. | Jenis tagihan: Tugas individu, ulangan harian. Bentuk instrumen: Produk, pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekolah, perpustakaan, internet. Alat: OHP/Komputer,LCD, VCD/CD player. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, gambar-gambar/CD/ VCD objek biologi, charta/diagram keilmuan. |
| | | | | | |
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma) | Objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan · Objek Biologi. · Masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan · Metoda ilmiah | · Menganalisis apa saja yang menjadi objek biologi *) menggunakan berbagai gambar/ charta/VCD/CD/buku referensi yang sesuai mulai dari molekul sampai bioma melalui kerja kelompok. · Menemukan permasalahan biologi melalui pengamatan kondisi lingkungan *) dan mengusulkan alternatif pemecahan masalahnya dengan rencana penelitian sederhana melalui kerja kelompok. · Menyaksikan VCD/CD/foto-foto/gambar-gambar tentang kerja seorang ahli biologi memecahkan masalah keilmuan · Diskusi kelas menemukan sistematika metoda ilmiah, bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli/contoh pemecahan masalah. *) Dapat dibelajarkan kekhasan spesies, ekosistem masing-masing daerah/wilayah. | · Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu. · Memberikan contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma. · Memberikan contoh masalah dan alternatif pemecahan masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan. · Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah. · Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah. · Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah. | Jenis Tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. Jenis Tagihan: Tugas Individu, Ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2 X 45’ 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekitar. Alat: OHP/Komputer,LCD, VCD/CD player. Bahan: LKS, Bahan presentasi, Berbagai gambar tingkat organisasi kehidupan, CD/VCD objek biologi. |
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan | Virus · Ciri-ciri virus | · Mengidentifikasi ciri-ciri virus berdasarkan referensi gambar/ charta/foto dari buku-buku literatur melalui tugas individu. · Menganalisis struktur tubuh virus membandingkannya dengan makhluk hidup lain yang seluler prokariotik, seluler eukariotik dan yang multiselluler menggunakan gambar/foto melalui diskusi kelas. · Membuat gambar struktur tubuh virus dan model virus tiga dimensi melalui kerja kelompok. | · Mengidentifikasi ciri-ciri virus. · Membedakan struktur virus dengan makhluk lainnya. · Menggambarkan struktur tubuh virus. · Membuat model virus tiga dimensi (3D). | Jenis Tagihan: Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen:: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/Komputer, LCD. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, gambar/ charta/ foto berbagai macam virus dan berbagai makhluk hidup, manik-manik/ bola pingpong/kayu dsb., lem |
| · Replikasi virus. · Peranan virus dalam kehidupan. | · Melakukan kajian literatur menemukan cara virus hidup dan melakukan replikasi pada sel/ jaringan hidup melalui tugas individu. · Menyimpulkan cara replikasi virus dari hasil kajian literatur melalui kegiatan diskusi. · Mencari informasi tentang peran virus yang menguntungkan ataupun merugikan bagi kehidupan dari berbagai sumber media/buku melalui penugasan individu terstruktur. · Mengidentifikasi cara-cara menghindari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Hepatitis, Flu burung dll., melalui studi literatur atau kegiatan observasi lapangan ke Puskesmas/klinik terdekat melalui penugasan individu terstruktur. | · Menjelaskan cara hidup virus. · Menjelaskan cara replikasi virus. · Membuat charta replikasi virus. · Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan. · Menjelaskan peran virus yang menguntungkan dan merugikan. · Mengkomunikasikan cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Flu burung dll. | Jenis Tagihan: Tugas individu, ulangan harian, ulangan semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, puskesmas/ klinik/ petugas kesehatan terdekat. Alat: OHP/Komputer, LCD. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, gambar/ charta/ foto : replikasi virus, akibat serangan virus pada tumbuhan, hewan, dan manusia. |
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeo bacteria dan Eubacteria dan peranannya dalam kehidupan | Archaebacteria dan Eubacteria. · Ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria. · Perkembangbiakan Archebacteria dan Eubacteria. | · Mengisolasi bakteri dari lingkungan (air, udara, tanah), mengamati koloni bakteri melalui kerja praktik kelompok. · Melakukan studi litertatur menemukan ciri-ciri koloni, struktur tubuh bakteri, dan berbagai jenis bakteri berdasarkan bentuknya secara individu · Melakukan kajian literatur menemukan cara bakteri berkembangbiak melalui kerja mandiri. | · Menjelaskan ciri-ciri archebacteria dan eubacteria · Membedakan ciri-ciri archebacteria dan eubacteria. · Menjelaskan cara mengisolasi bakteri. · Menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri. · Membuat charta perkembangbiakan bakteri. | Jenis Tagihan: Tugas kelompok, Tugas indiviidu, unjuk kerja, Ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen:: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekitar sekolah. Alat: Autoklap, panci, kompor, kaca pireks, mikroskop, kaca objek, kaca penutup, pembakar spiritus, OHP/Komputer/ LCD. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, Bubuk agar-agar, air kaldu, Gambar/ film bakteri, gambar-gambar makhluk hidup lain, sediaan mikroskopis bakteri. |
| · Peranan Archebacteria dan Eubacteria dalam kehidupan. | · Melalui diskusi kelas mengidentifikasi dari berbagai sumber literatur menemukan peranan berbagai bakteri dalam kehidupan. · Membuat nata de coco, yoghurt, dll melalui praktik kerja kelompok. *) *) Dapat dibelajarkan pembuatan produk makanan yang sesuai dengan kondisi khas daerah/wilayah masing-masing. | · Menjelaskan berbagai peranan bakteri yang menguntungkan/merugikan dalam kehidupan · Membuat nata de coco, yoghurt, dll. | Jenis Tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian , u;angan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen:: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: Panci, kompor, loyang plastik, botol, pembakar spiritus, OHP/Komputer, LCD. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, Starter nata de coco, yoghurt, Gambar/ ffoto proses pembuatan nata decoco, yoghurt dll. |
2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan. | Protista · Ciri-ciri umum Protista. - Ciri-ciri Protista mirip jamur | · Melakukan kajian literatur menemukan ciri-ciri umum protista dan berbagai golongan nya (mirip jamur, mirip alga, mirip hewan) melalui kerja kelompok. · Melakukan pengamatan mikroskopis air kolam, air rendaman jerami dll., menemukan karakteristik protista lainnya melalui kerja kelompok. · Membandingkan hasil pengamatan dengan gambar/charta/foto/film berbagai jenis organisme golongan Protista melalui diskusi kelas. | · Mendeskripsikan ciri-ciri umum Protista · Membedakan organisme Protista mirip jamur,, mirip tumbuhan, dan mirip hewan berdasarkan pengamatan. · Menjelaskan dasar pengelompokkan organisme protista mirip jamur, mirip tumbuhan dan mirip hewan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian. | 3X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/Komputer, LCD, Mikroskop, gelas kimia, pipet, kaca objek, kaca penutup. Bahan: LKS, bahan presentasi, air kolam, air rendaman jerami, gambar/charta/ foto/film protista dan organisme lain. |
| - Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga). - Ciri-ciri umum Protista mirip hewan (Protozoa) | · Melakukan kajian literatur cara-cara perkembangbiakan Protista melalui tugas terstrkuktur kelompok. · Membuat charta berbagai cara perkembangbiakan dan daur organisme golongan Protista melalui tugas terstrkuktur kelompok. | · Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan Protista. · Membuat Charta cara-cara perkembangbiakan dan daur organisme Protista. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian. | 3X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/Komputer, LCD, Mikroskop, gelas kimia, pipet, kaca objek, kaca penutup. Bahan: LKS, bahan presentasi, air kolam, air rendaman jerami, gambar/charta/ foto/film protista dan organisme lain. |
| · Peranan protista dalam kehidupan. | · Menggali informasi dari berbagai sumber literatur/media peranan protista bagi kehidupan melalui tugas mandiri tidak berstruktur individu. | · Memberi contoh peranan protista bagi kehidupan. · Mengidentifikasi protista yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia. | Jenis tagihan: Tugas mandiri, ulangan. Bentuk instrumen: Produk (laporan kajian litertatur) tes pilihan ganda dan tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, koran/majalah Alat: - Bahan: LKS. |
| | | | | | |
2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur ber-dasarkan hasil peng-amatan, percobaan, dan kajian literatur serta pera-nannya bagi kehidupan | Jamur (Fungi) · Ciri-ciri jamur. · Pengelompokan jamur · Reproduksi jamur | · Melakukan pengamatan jamur mikroskopis dan makroskopis melalui kerja kelompok, mengidentifikasi ciri-ciri dan strkturnya. · Mengidentifikasi dasar-dasar pengelompokkan berbagai jenis jamur melalui tugas individu berstruktur. · Melakukan kajian dari buku literatur tentang cara-cara reproduksi jamur dari berbagai golongan melalui kerja kelompok. · Membuat charta daur hidup jamur dari berbagai golongan melalui kerja kelompok. · Menganalisis perbedaan spora vegetatif dan generatif dari berbagai golongan melalui kerja kelompok. | · Menjelaskan ciri-ciri umum Divisio dalam Kingdom Fungi. · Menjelaskan dasar pengelompokkan Fungi. · Menggambarkan struktur tubuh jamur dari berbagai golongan. · Membedakan berbagai golongan jamur berdasarkan ciri-ciri morfolginya. · Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan yang ditemukan pada berbagai golongan jamur. · Membedakan spora vegetatif dan generatif berbagai golongan jamur. · Membuat charta siklus hidup jamur dari berbagai golongan. | Jenis tagihan: Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan. Bentuk tagihan: Produk (laporan hasil pengamatan, hasil identifikasi struktur tubuh jamur dari berbagai golongan), pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian. Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk tagihan: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian. | 2 X 45’ 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan.. Alat: Mikroskop, kaca objek, kaca penutup, pipet, gelas kimia, Panci, dandang, OHP/ komputer/LCD. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, jamur mikroskopis dan jamur makroskopis. Sumber: Buku acuan yang relevan.. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, charta daur hidup jamur. |
| · Peranan jamur dalam kehidupan | · Menggali informasi dari berbagai sumber literatur/media peranan jamur bagi kehidupan melalui tugas mandiri tidak berstruktur secara kelompok. · Melakukan percobaan fermentasi makanan dengan jamur, seperti tape ketan, tape singkong, tempe dengan kerja kelompok, dll.*) *) Dapat dibelajarkan pembuatan makanan fermentasi dari jamur yang khas sesuai dengan daerah/wilayah masing-masing. | · Menunjukkan contoh jenis-jenis jamur di lingkungan sekitarnya. · Menjelaskan contoh peran jamur bagi kehidupan. · Membuat makanan dari hasil fermentasi jamur. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk tagihan: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda dan tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD, panci, kompor, tampah. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, jamur tempe, ragi dll., kedelai, nasi ketan, singkong. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar