Minggu, 20 April 2008

TUGAS INDIVIDU

PENGALAMAN BELAJAR BIOLOGI SLTP.NEGERI

Strategi pembelajaran IPA Biologi bagi siswa SLTP.N tahun ajaran 1998/1999 di Kecamatan Waimangura Kabupaten Sumba Barat-NTT

Kelas II SLTP saya belajar IPA Biologi. Adalah seorang guru yang datang dari provinsi lain untuk mengajarkan IPA Biologi bagi siswa sekolah tersebut yang berada disalah satu daerah terpencil yang dalam peta Indonesia tidak kelihatan. Pulau ini adalah pulau yang sangat kaya akan hasil alam dan sangat hijau nan subur. Beliau memperkenalkan biologi kepada kami hanya dengan teori tanpa praktek sama sekali dengan alasan yang pertama ruang laboratorium tidak tersedia dan alasan yang lainnya adalah berpendapat bahwa “untuk apa praktek biologi (apalagi yang menyangkut tumbuh2an dan alam) toh kita sudah mengalaminya sehari-hari”.

Waktu itu saya sangat serius belajar walaupun tanpa praktek sama sekali. Akan tetapi, disisi lain saya berpikir bahwa keadaan alam yang sangat hijau dan subur di daerah saya itu akan sama semua dengan kota-kota besar yang terkenal di Indonesia ini maupun. Satu hal yang saya ingat sampai hari ini adalah tentang reproduksi pada manusia dan reproduksi pada bunga tentang putik dan benang sari pada kembang sepatu.

Suatu ketika saya mengikuti seminar diibukota kabupaten disitu saya mendengar dikatakan bahwa dimasa yang akan datang alam yang hijau dan subur ini apabila bukan dari kita yang melestarikan dan mempertahankan maka akan menjadi kota batu (gersang) seperti yang terjadi dikota2 besar saat ini yang padat dengan gedung2 yang tinggi. Saya sangat terkejut karena ternyata selama ini saya sudah salah menilai kota-kota besar yang ada di Indonesia ini. Pada waktu itu saya sedang melanjutkan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMK.N.1) jurusan Administrasi Perkantoran. Akhirnya saya mulai berpikir dan mengambil keputusan yang cukup mengejutkan orangtua dan keluarga saya dengan bertekad keluar dari daerah yang subur itu datang membuktikan dikota besar ini apa yang sebenarnya terjadi. Dan inilah kenyataan kota Jakarta yang saat ini saya alami. Kemudian saya memilih keguruan agar dimasa yang akan datang saya lebih cermat lagi dalam memberikan penjelasan kepada siswa untuk menyadari akan keindahan alam Indonesia ini. Paling tidak saya tahu teknisnya di kota Jakarta dan menerapkan secara langsung di daerah saya yang sampai hari ini masih hijau dan subur yang sangat kaya akan hasil alam.

Perbandingan strategi pembelajaran Biologi yang pernah dipelajari di SLTP dengan strategi pembelajaran Biologi sekarang.

Bagi saya biologi yang dulu pernah saya pelajari dan yang sekarang yang sedang saya pelajari pasti beda. Walupun perbedaannya tidak terlalu signifikan. Kalau kita meninjau keadaan yang terjadi sekarang dan yang akan datang memang sangat mengkuatirkan. Bangsa yang dulu terkenal dengan pulau2 yang hijau dan kaya akan hasil alam terancam punah oleh politik dan tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab.

Apabila saya diijinkan mengomentari pengajaran Biologi yang saya jalani saat ini belum memuaskan. Karena meski bagaimanapun belajar biologi itu butuh praktek dan terjun langsung kelapangan bukan hanya dengan teori-teori yang sudah ada dalam buku. Sejujurnya saya mengagumi pengajaran pada mata kuliah ini karena dosen memberikan wawasan yang sangat luas bagi mahasiswanya. Sehingga mahasiswa bukan hanya belajar apa itu biologi tetapi juga belajar apa solusinya.

Bagi saya pelajaran biologi yang harus diajarkan saat ini adalah strategi2 dan tindakan2 yang harus dilakukan dalam menanggulangi krisis alam yang semakin hari semakin merosot.

Tidak ada komentar: