Minggu, 30 Maret 2008

silabus biologi sma kelas XI dan XII

SYLABUS LAYANAN KELAS
Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Biologi Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kelas :
Semester : GANJIL
XI/IPA
No. Tipe
Tagihan
Bentuk
Tagihan
Jenis
Tagihan
Topik/
Materi
Uraian
Indikator
Sifat
Indikator
SKM Bahan/Alat/Sumber
Belajar
Kegiatan/Pengalaman
Belajar yang
Tatap
Muka
1 Pengetahuan
dan
Pemahaman
Konsep
Formatif Uraian Struktur dan fungsi
sel
1.1.1. Menjelaskan struktur dan fungsi
organel sel
KOGNITIF 62.00 Buku paket dan literatur terkait,
gambar sel prokariot dan eukariot,
gambar organel sel
1. Melalui gambar hasil
pengamatan mikroskop
elektron menginterpretasikan
dan mendeskripsikan
organela2 yang ditemukan di
dalam sel hewan dan sel
tumbuhan
2 X 45'
2 Tugas Model sel 1.1.2. Menentukan organel sel
berdasarkan model sel yang dibuat
KOGNITIF 62.00 Buku paket dan literatur terkait,
gambar sel prokariot dan eukariot,
gambar organel sel, lilin warna-warni
Membuat model sel hewan
dan organel2 nya dengan lilin
per kelompok
2 X 45'
3 Responsi Sikap/Minat Struktur dan fungsi
sel
1.1.a. Menunjukkan organel sel pada
gambar sesuai dengan nama dan
fungsinya
AFEKTIF Buku paket dan literatur terkait Kecakapan hidup: sadar
sebagai makhluk Tuhan,
sadar akan eksistensi dan
potensi diri, kecakapan
menggali dan mengolah
informasi, kecakapan
memecahkan masalah,
kecakapan komunikasi lisan
dan tertulis.
2 x 45'

4 Pengamatan Praktik
Kualitatif
1.1.3. Mengidentifikasikan bagianbagian
sel melalui preparat sel
bawang
PSIKOMOTORIK 62.00 Buku paket dan literatur terkait,
gambar sel prokariot dan eukariot,
gambar organel sel, irisan sel
bawang, mikroskop, preparat sel, air
garam, akuades
Melakukan praktik kerja
dengan menggunakan sel
bawang, melakukan
pengamatan dan dan
menggambar hasil
pengamatannya.
2 x 45


Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Biologi Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif,
endositosis, eksositosis)
Kelas :XI/IPA
Semester :GANJIL


No. Tipe
Tagihan
Bentuk
Tagihan
Jenis
Tagihan
Topik/
Materi
Uraian
Indikator
Sifat
Indikator
SKM Bahan/Alat/Sumber
Belajar
Kegiatan/Pengalaman
Belajar yang
Tatap
Muka
12 Pengamatan Praktik
Kualitatif
Formatif Mekanisme transpor
membran
1.3.2. Mengoperasikan langkah kerja
terjadinya krenasi / lisis pada sel
bawang ketika diberikan larutan
garam/ akuades
PSIKOMOTORIK 62.00 Buku paket dan literatur terkait,
kentang, air gula yang diwarnai,
gelas kimia, akuades, stopwatch
3. Melakukan praktik kerja
dengan menggunakan
preparat sel bawang , sambil
mengamati di bawah
mikroskop meneteskan
larutan garam / akuades di
pinggir preparat dan
menuliskan apa yang terjadi
4. Melakukan praktik kerja
dengan menggunakan umbi
kentang dan usus ayam
membandingkan mekanisme
transpor membran yang
terjadi
2 x 45'
1.3.3. Mengoperasikan langkah kerja
terjadinya proses difusi osmosis
PSIKOMOTORIK 62.00 Buku paket dan literatur terkait,
kentang, air gula yang diwarnai,
gelas kimia, akuades, stopwatch
3. Melakukan praktik kerja
dengan menggunakan
preparat sel bawang , sambil
mengamati di bawah
mikroskop meneteskan
larutan garam / akuades di
pinggir preparat dan
menuliskan apa yang terjadi
4. Melakukan praktik kerja
dengan menggunakan umbi
kentang dan usus ayam
membandingkan mekanisme
transpor membran yang
terjadi
2 x 45


Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Biologi Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta
penerapannya dalam konteks Salingtemas
Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya

Kelas :XI/IPA
Semester : GANJIL

No. Tipe
Tagihan
Bentuk
Tagihan
Jenis
Tagihan
Topik/
Materi
Uraian
Indikator
Sifat
Indikator
SKM Bahan/Alat/Sumber
Belajar
Kegiatan/Pengalaman
Belajar yang
Tatap
Muka
21 Pengetahuan
dan
Pemahaman
Konsep
Formatif Uraian Sistem gerak 3.1.1. Mengidentifikasi struktur,
fungsi, dan proses sistem gerak
manusia
KOGNITIF 62.00 Buku paket dan literatur terkait, torso
rangka manusia, carta sistem
havers, carta jenis tulang
Melalui torso rangka manusia
siswa mendiskusikan per
kelompok struktur rangka
manusia dan bagianbagiannya
10 x 45'
3.1.2. Mengetahui macam-macam
persendian dan fungsinya
KOGNITIF 62.00 Buku paket dan literatur terkait, torso
rangka manusia, carta sistem
havers, carta jenis tulang
Melalui torso rangka manusia
siswa mendiskusikan per
kelompok struktur rangka
manusia dan bagianbagiannya
10 x 45'
3.1.3. Memberi contoh teknologi yang
berhubungan dengan kelainan yang
terjadi pada sistem gerak
KOGNITIF 62.00 Buku paket dan literatur terkait, torso
rangka manusia, carta sistem
havers, carta jenis tulang
Melalui torso rangka manusia
siswa mendiskusikan per
kelompok struktur rangka
manusia dan bagianbagiannya
10 x 45'
22 Tugas 3.1.4. Membuat laporan
perkembangan teknologi sistem gerak
terbaru melalui internet atau majalah
ilmiah
KOGNITIF 62.00 Buku paket dan internet dan gambar
terkait
Melalui studi pustaka siswa
mencari perkembangan
teknologi terbaru yang
berhubungan dengan sistem
gerak manusia dan membuat
laporan per kelompok.
10 x 45'
3.1.5. Membuat laporan mengenai
struktur tulang yang telah dipraktikkan
yang berisi tujuan percobaan,
landasan teori, hipotesis, cara kerja,
hasil, pembahasan, kesimpulan dan
daftar pustaka
KOGNITIF 62.00 Buku paket dan internet dan gambar
terkait
Melalui studi pustaka siswa
mencari perkembangan
teknologi terbaru yang
berhubungan dengan sistem
gerak manusia dan membuat
laporan per kelompok.
10 x 45'
23 Responsi Sikap/Minat 3.1.a. Menunjukkan minat dengan
cara memperagakan macam-macam
persendian
AFEKTIF Buku paket dan literatur terkait Siswa memperagakan
persendian dan menunjukkan
minat dalam memperagakan
sendi dengan benar
2 X 45

Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Biologi Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Kelas :
Semester : GANJIL
XII/IPA
No. Tipe
Tagihan
Bentuk
Tagihan
Jenis
Tagihan
Topik/
Materi
Uraian
Indikator
Sifat
Indikator
SKM Bahan/Alat/Sumber
Belajar
Kegiatan/Pengalaman
Belajar yang
Tatap
Muka
3 Formatif Responsi Sikap/Minat Pertumbuhan dan
Perkembangan
1.2.a. Menunjukkan jenis perlakuan
untuk mengetahui faktor luar yang
mempengaruhi tumbuh kembang
tumbuhan
AFEKTIF Buku paket dan literatur terkait,
kacang hijau, kapas, toples, air,
penggaris, tabel data
Kecakapan hidup: sadar
sebagai makhluk Tuhan,
sadar akan eksistensi dan
potensi diri, kecakapan
menggali dan mengolah
informasi, kecakapan
memecahkan masalah,
kecakapan komunikasi lisan
dan tertulis, kecakapan
bekerjasama, kecakapan
mengambil keputusan dan
kecakapan kerja ilmiah.
2 X 45'
4 Uraian Praktik 1.2.1 Memberikan perlakuan
pengukuran dan pengamatan dengan
benar
PSIKOMOTORIK 63.00 Buku paket dan literatur terkait,
kacang hijau, kapas, toples, air,
penggaris, tabel data
1. Memberikan perlakuan
terhadap percobaan dan
melakukan pengukuran
terhadap hasil perlakuan.
2. Mencatat hal-hal yang
mempengaruhi perlakuan, di
luar hal yang direncanakan
(kondisi lingkungan)
3. Menghimpun data atas
pengukuran hasil perlakuan
untuk dianalisis dan disajikan
dalam bentuk grafik.
Selanjutnya dibuat
kesimpulan.
4 X 45

Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Biologi Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak
dan protein
Kelas :
Semester : GANJIL
XII/IPA
No. Tipe
Tagihan
Bentuk
Tagihan
Jenis
Tagihan
Topik/
Materi
Uraian
Indikator
Sifat
Indikator
SKM Bahan/Alat/Sumber
Belajar
Kegiatan/Pengalaman
Belajar yang
Tatap
Muka
13 Pengetahuan
dan
Pemahaman
Konsep
Formatif Uraian Metabolisme Lemak
& Protein
2.3.1. Menjelaskan hubungan antara
proses metabolisme karbohidrat
dengan metabolisme lemak dan
protein
KOGNITIF 63.00 Buku paket, internet dan literatur
terkait, tabel keterkaitan
metabolisme karbohidrat, lemak ,
dan protein
1. Membuat carta lengkap
keterkaitan proses
anabolisme dan katabolisme
karbohidrat dan memberikan
simbol untuk menunjukkan
mana yang merupakan
proses anabolisme dan
proses katabolisme
2. Membuat carta keterkaitan
antara metabolisme
karbohidrat, lemak, dan
protein
3. Membandingkan satu
gram senyawa karbohidrta,
protein, lemak dengan jumlah
energi yang dihasilkan
4 X 45'
14 Responsi Sikap/Minat Metabolisme 2.3.a. Siswa dapat menunjukkan yang
mana proses metabolisme karbohidrat,
lemak, dan protein
AFEKTIF Buku paket dan literatur terkait Kecakapan hidup: sadar
sebagai makhluk Tuhan,
sadar akan eksistensi dan
potensi diri, kecakapan
menggali dan mengolah
informasi, kecakapan
memecahkan masalah,
kecakapan komunikasi lisan
dan tertulis, kecakapan
bekerjasama, kecakapan
mengambil keputusan dan
kecakapan kerja ilmiah.
2 x 45'

silabus biologi sma kelas XI dan XII

SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

MATA PELAJARAN : BIOLOGI

KELAS / SEMESTER : XII (Dua Belas) / II

ALOKASI WAKTU : 8 × 45 menit

STANDAR KOMPETENSI : Memahami prinsip-prinsip dasar berteknologi serta implikasinya pada salingtemas


Kompetensi Dasar

Kompetensi Sebagai Hasil Belajar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

5.1 Menjelaskan arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi


5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada salingtemas

· Mengumpulkan berbagai informasi produk dan proses bioteknologi tradisional

· Menjelaskan proses rekayasa genetika dalam bioteknologi

· Mengumpulkan berbagai metode bioteknologi modern dan produknya

· Menganalisis berbagai produk bioteknologi dan dampaknya

· Pengertian bioteknologi

· Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern

· Rekayasa genetika

· Tanaman transgenik dan dampaknya

· Diskusi pengertian bioteknologi tradisional dan modern

· Diskusi penerapan rekayasa genetika pada bioteknologi

· Melakukan kegiatan membuat yogurt dan ekstroksi DNA

· Diskusi Salingtemas

· Membuat kliping

· Menjelaskan pengertian bioteknologi

· Membedakan bioteknologi tradisional dan modern

· Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya

· Membuat produk bioteknologi tradisional

· Mengekstraksi DNA

· Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya

· Membuat imajinasi tentang rekayasa genetika

· Jenis tagihan:

1. Laporan hasil kegiatan

2. Uji Kompetensi

· Bentuk instrumen:

1. Lembar penilaian laporan

2. Soal uji kompetensi tertulis

· Jenis tagihan

1.Tugas fiksi ilmiah

2.Laporan diskusi salingtemas

· Bentuk instrumen:

1. Lembar penilaian makalah

6 X 45 menit

2 X 45 menit

· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis

· Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis

· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis

· Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis



Kompetensi dasar

Kompetensi sebagai Hasil Belajar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

4.1 Mendeskripsikan peran komponan ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan


4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiata manusia dngan masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan


4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah


4.4 Membuat produk daur ulang limbah

· Mendeskripsikan struktur keilmuan Biologi

· Menemukan contoh komponen biotik dan abiotik

· Menemukan contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di lingkungan sekitar

· Menemukan ekosistem dan batas-batasnya

· Menemukan adanya interaksi dalam ekosistem

· Menyimpulkan tipe interaksi berdasarkan gejala yang teramati

· Menyususn rantai makanan menjadi jaring-jaring makanan dan piramida ekologi

· Menggambarkan siklus materi dan arus energi

· Menggambar daur biogeokimia unsur tertentu

· Mengidentifikasi tujuan berbagai aktivitas manusia

· Mengidentifikasi dampak berbagai aktivitas manusia

· Meneliti pengaruh zat pencemar terhadap organisme

· Mengidentifikasi dampak berbagai zat pencemar terhadap lingkungan

· Pengertian ekologi sebagai ilmu

· Ekosistem dan komponen penyusunnya

· Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fugsinya

· Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem

· Berbagai interaksi dalam ekosistem

· Rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida ekologi

· Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem

· Daur biogeokimia

· Keseimbangan lingkungan

· Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan

· Beberapa bahan pencemar dan dampaknya

· Upaya pencegahan pencemaran lingkungan

· Penanganan limbah dengan cara daur ulang

· Berbagai produk daur ulang limbah

· Diskusi ruang lingkup ekologi sebagai ilmu

· Mengamati komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya

· Mengamati interaksi yang terjadi dalam ekosistem

· Menggambar dan mendeskripsikan rantai makanan, jaring-jaring makanan , dan piramida ekologi

· Mendeskripsikan perjalanan energi, materi, dalam ekosistem, serta daur biogeokimia

· Dikusi pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan

· Diskusi tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya

· Melakukan eksperimen tentang pencemaran

· Diskusi penanganan limbah dengan cara daur ulang

· Membuat produk dari bahan limbah

· Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu

· Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik

· Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem

· Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi

· Menggambar bagan daur biogeokimia

· Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia

· Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia

· Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu

· Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme

· Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan

· Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan

· Mengetahui penanganan limbah dengan cara dau ulang

Jenis tagihan

1. Laporan hasil pengamatan komponen ekosistem

2. Uji kompetensi tertulis

· Instrumen penilaian

1. Lembar penilaian hasil praktikum

2. Soal uji kompetensi tertulis

· Jenis tagihan:

1. Laporan hasil eksperimen

2. Uji kompetensi tertulis

· Instrumen Penilaian:

1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum

2. Soal uji kompetensi tertulis

4 45 menit

4 45 menit

· Buku kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono. P.S, Esis

· Buku Biologi X, Dyaharyuliana

· Ekosistem yang ada di sekitar sekolah

· Buku kerja Biologi IB, Igm, Kristiyono. P.S, Esis

· Buku teks biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB XI

· Beberapa aktivitas manusia




Senin, 24 Maret 2008

silabus kelas x semester 2

SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

MATA PELAJARAN : BIOLOGI

KELAS/SEMESTER : X (SEPULUH)/II

STANDAR KOMPETENSI : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem

ALOKASI WAKTU : 8 45 menit

Kompetensi dasar

Kompetensi sebagai Hasil Belajar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

4.1 Mendeskripsikan peran komponan ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan

4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiata manusia dngan masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan


4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah


4.4 Membuat produk daur ulang limbah

· Mendeskripsikan struktur keilmuan Biologi

· Menemukan contoh komponen biotik dan abiotik

· Menemukan contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di lingkungan sekitar

· Menemukan ekosistem dan batas-batasnya

· Menemukan adanya interaksi dalam ekosistem

· Menyimpulkan tipe interaksi berdasarkan gejala yang teramati

· Menyususn rantai makanan menjadi jaring-jaring makanan dan piramida ekologi

· Menggambarkan siklus materi dan arus energi

· Menggambar daur biogeokimia unsur tertentu

· Mengidentifikasi tujuan berbagai aktivitas manusia

· Mengidentifikasi dampak berbagai aktivitas manusia

· Meneliti pengaruh zat pencemar terhadap organisme

· Mengidentifikasi dampak berbagai zat pencemar terhadap lingkungan

· Pengertian ekologi sebagai ilmu

· Ekosistem dan komponen penyusunnya

· Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fugsinya

· Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem

· Berbagai interaksi dalam ekosistem

· Rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida ekologi

· Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem

· Daur biogeokimia

· Keseimbangan lingkungan

· Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan

· Beberapa bahan pencemar dan dampaknya

· Upaya pencegahan pencemaran lingkungan

· Penanganan limbah dengan cara daur ulang

· Berbagai produk daur ulang limbah

· Diskusi ruang lingkup ekologi sebagai ilmu

· Mengamati komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya

· Mengamati interaksi yang terjadi dalam ekosistem

· Menggambar dan mendeskripsikan rantai makanan, jaring-jaring makanan , dan piramida ekologi

· Mendeskripsikan perjalanan energi, materi, dalam ekosistem, serta daur biogeokimia

· Dikusi pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan

· Diskusi tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya

· Melakukan eksperimen tentang pencemaran

· Diskusi penanganan limbah dengan cara daur ulang

· Membuat produk dari bahan limbah

· Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu

· Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik

· Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem

· Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi

· Menggambar bagan daur biogeokimia

· Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia

· Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia

· Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu

· Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme

· Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan

· Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan

· Mengetahui penanganan limbah dengan cara dau ulang

Jenis tagihan

1. Laporan hasil pengamatan komponen ekosistem

2. Uji kompetensi tertulis

· Instrumen penilaian

1. Lembar penilaian hasil praktikum

2. Soal uji kompetensi tertulis

· Jenis tagihan:

1. Laporan hasil eksperimen

2. Uji kompetensi tertulis

· Instrumen Penilaian:

1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum

2. Soal uji kompetensi tertulis

4 45 menit

4 45 menit

· Buku kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono. P.S, Esis

· Buku Biologi X, Dyaharyuliana

· Ekosistem yang ada di sekitar sekolah

· Buku kerja Biologi IB, Igm, Kristiyono. P.S, Esis

· Buku teks biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB XI

· Beberapa aktivitas manusia